Gambar tema oleh MichaelJay. Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Blog Ini

Pelatihan Cyber Journalism

 Pelatihan Cyber Journalism Bagi Praktisi Humas Instansi/perusahaan/lembaga "Dunia telah memasuki era transformasi digital yang begitu ...

 Pelatihan Cyber Journalism Bagi Praktisi Humas Instansi/perusahaan/lembaga



"Dunia telah memasuki era transformasi digital yang begitu cepat, tak terkecuali dunia pers. Informasi kini mengalir begitu bebas menjangkau setiap sudut dunia  secara instan.

Transformasi digital kini seperti dua mata pisau, Di satu sisi, teknologi membuka peluang luar biasa untuk menjangkau audiens secara lebih luas dan personal. Namun, di sisi lain, tantangan juga semakin kompleks. Berita-berita yang beredar di dunia maya, termasuk citizen journalism, dapat memengaruhi reputasi organisasi dalam sekejap mata.

Untuk tetap relevan dan kompetitif di era digital ini, sebuah organisasi membutuhkan seorang specialist Cyber Journalism yang handal. Dengan keahlian ini para staf humas di harapkan dapat terus membangun narasi yang kuat dan positif tentang organisasi nya di berbagai platform digital.

Dengan kata lain, seorang Humas Digital / Cyber Journalism adalah aset berharga yang dapat membantu organisasi Bpk/Ibu mencapai tujuan komunikasi nya. Serta dapat mengelola reputasi organisasi secara proaktif dengan merespons isu-isu yang beredar secara liar.


TUJUAN PELATIHAN

  • Memahami karakteristik dan prinsip jurnalistik online, termasuk dasar-dasar jurnalistik secara umum.
  • Mampu membuat tulisan (posting) yang baik sehingga SEO Friendly dan User Friendly
  • Menguasai teknik reportase, termasuk riset data dan wawancara, untuk meliput dan memberitakan sebuah peristiwa/kegiatan.
  •  Menguasai teknik penulisan berita online.
  • Menguasai bahasa jurnalistik, terutama “hemat kata”, sehingga mampu menulis berita/artikel secara ringkas sesuai dengan karakter jurnalistik online.

MATERI PELATIHAN

  • Dasar-Dasar Cyber Journalism
  • Teknik Penulisan Berita Online 
  • Teknik penulisan judul, teras, isi, yang sesuai dengan karakter jurnalistik online.
  • Teknik Reportase dan Wawancara 
  • teknik peliputan kegiatan/peristiwa, wawancara narasumber, dan penyajiannya di media online.
  • Teknik Penulisan Artikel opini di media online.
  • Teknik manajemen konten website

TARGET PESERTA
Praktisi Humas/Public Relations di Instansi / Perusahaan / Lembaga , 

PERALATAN PELATIHAN
Peralatan Yang Harus Dibawa Peserta:
Setiap peserta wajib membawa laptop/netbook/ipad untuk kepentingan praktik langsung selama pelatihan

JADWAL PELATIHAN
HARI : Kamis-Jumat, 28-29 November 2024
Jam : 09.00-16.00 WIB
Tempat : Gino Feruci Hotel, Jl. Braga No.67, Kota Bandung-Jawa Barat


INVESTASI PELATIHAN
Rp. 4.500.000 /Peserta, (tanpa penginapan/kamar hotel)


FASILITAS
Training Kit, Sertifikat, Coffee Break, dan Lunch


PEMATERI PELATIHAN






Kang Romel  trainer ini akrab disapa, Selain pernah mengajar di beberapa Universitas di Bandung, ia juga berprofesi sebagai Praktisi Media dan Trainer Komunikasi Praktis (Jurnalistik, Humas Online, Web Content Management,  dan Blogging).

Selain aktif menulis di berbagai media konvesional dan media online, Kang Romael juga seorang Penulis buku-buku jurnalistik, diantaranya: Jurnalistik Praktis Untuk Pemula (Rosdakarya Bandung, 1997); Jurnalistik Terapan (Baticpress Bandung, 2004); Kamus Jurnalistik (Simbiosa Bandung, 2008); Bahasa Media: Paduan praktis bahasa jurnalistik (Baticpress Bandung, 2009); dan Jurnalistik Online: Paduan mengelola media online (Nuansa Cendikia Bandung, 2012), plus sejumlah e-books.

Lebih dari 27 Tahun Kang Romael  berpengalaman di bidang media, berbagai posisi penting pernah dipercayakan kepadanya, diantaranya:  Managing Editor di Majalah Kandidat Jakarta Tahun 2003-2004, Pemred di Majalah Intisabi Tahun 2010, dan Wakil Pemred di Majalah SSW Sespim Polri Tahun 2011, 

Info & Pendaftaran
Telp/SMS/WA
081 23450 2709


Punya KODE PROMO untuk gratis Penginapan?

ATAU



Pelatihan ini juga bisa di adakan secara online dengan kapasitas peserta maksimal 500 orang.

Learn more
 



Sekretariat dalam suatu organisasi (Instansi/Perusahaan/Lembaga) mempunyai peran yang sangat vital, sebab selain menjadi pusat lalu lintas dan distribusi informasi ke semua pihak, ia juga mempunyai fungsi yang paling utama yaitu mengatur dan memelihara segala dokumentasi yang mempunyai kegunaan bagi struktural untuk memperlancar fungsi-fungsinya.

Agar pencapaian sasaran organisasi berhasil dengan baik, maka dokumen-dokumen tersebut perlu disimpan secara sistematis agar dapat ditemukan dengan cepat setiap saat sesuai dengan pedoman pengarsipan yang digunakan.

Dengan tata kelola Kesekretariatan dan kearsipan yang baik dan benar maka akan terjaminnya sumber informasi suatu organisasi yang akuntabel, sehingga dapat meningkatkan efektifitas, efisiensi, dan profesionalitas kerja.


TUJUAN PELATIHAN

  • Peserta mampu memahami mengenai fungsi dan peran manajemen kesekretariatan dalam mensupport pencapaian tujuan organisasi, memperluas wawasan dan kemampuan dalam manajemen pekerjaan secara profesional. 
  • Peserta dapat mengaplikasikan tata kelola kearsipan yang tepat dan benar di lingkungan kerjanya.

MATERI PELATIHAN

Materi  Kesekretariatan
  • Fungsi dan peran sekretaris dalam organisasi
  • Perencanaan dan pengendalian sistem informasi manajemen
  • Penyusunan Standart Operational Procedure (SOP)
  • Manajemen Inventaris
  • Otomatisasi kegiatan admiinistrasi 
  • Perkantoran
Materi Kearsipan
  • Pengantar Kearsipan
  • Peraturan dan aspek Hukum Kearsipan
  • Manajemen Arsip Dinamis
  • Program Arsip Vital
  • Manajemen Arsip Statis
  • Praktik.

PESERTA YANG DI SARANKAN
Para Pengelola Arsip, Petugas Tata Usaha, dan Sekretaris di Lingkungan Instansi / Perusahaan / Lembaga.


JADWAL PELATIHAN
HARI : Kamis-Jumat, 21-22 November 2024
Jam : 09.00-16.00 WIB
Tempat : Hotel Grand Tebu, Jl.L.L.R.E. Martadinata. Jl. Riau) No.207, Kota Bandung-Jawa Barat


INVESTASI PELATIHAN
Rp. 4.500.000,-/peserta 
FASILITAS: Training Kits, Modul, Sertifikat, Coffee Break, dan Lunch


PEMATERI


Nyi Raden Anita Trikusumawati, MM.
Perempuan Kelahiran Jakarta 42 Tahun ini adalah salah satu peraih arsiparis teladan nasional 5 besar se Indonesia untuk kategori ahli tahun 2017. Ia telah menyunting beberapa buku kearsipan yang diedarkan secara nasional diantaranya: Lembaga Kearsipan Perguruan Tinggi (Unpad Press, Bandung 2016), Program Arsip Dinamis Vital (Unpad press,Bandung2016),dan Klasifikasi dan Ketentuan Mengindeks Arsip ( Unpad Press, Bandung 2016).

Berbagai seminar / Workshop dan Bimtek kearsipan juga pernah diikuti olehnya, antara lain: Workshop Arsip Kepresidenan Tahun 2016, Bimtek Calon Tim Penilai Arsiparis KEMENRISTEKDIKTI-ANRI Tahun 2016, Training Persuratan Dinas dan Kearsipan Digital Tahun 2015, Bimtek Pengelolaan Arsip Vital / Aset Nasional ANRI Tahun 2015, Dll.




Meli Siagawati,SE., MM., CT
Dengan latar belakang pendidikan formal yang kuat di bidang Sekretaris, Manajemen, dan Magister Manajemen, serta beragam sertifikasi profesional di bidang pelatihan dan pengembangan, beliau telah membangun karir yang solid di dunia pendidikan dan konsultansi. Pengalaman selama lebih dari dua dekade di berbagai posisi strategis, mulai dari Sekretaris hingga Training Manager, telah membekali beliau dengan keahlian yang komprehensif dalam manajemen, pemasaran, dan pengembangan sumber daya manusia.

Saat ini, beliau aktif sebagai Staf Ahli Kemedikbud, Founder LKP Auli Learning Center, dan juga sebagai Team Instruktur di berbagai lembaga pelatihan. Fokus utama beliau saat ini adalah pada pengembangan personal, pelayanan prima, administrasi perkantoran, dan manajemen pemasaran. Dengan pengalaman dan jaringan yang luas, beliau telah menjadi sosok yang berpengaruh dalam dunia pendidikan dan pelatihan di Indonesia.


Info & Pendaftaran
Telp/SMS/WA
081 23450 2709


Punya KODE PROMO untuk gratis Penginapan?

ATAU



Pelatihan ini juga bisa di adakan secara online dengan kapasitas peserta maksimal 500 orang.

Learn more
 




Tata Kelola Keprotokolan dan Pembawa Acara/MC adalah bagian penting yang perlu diperhatikan dalam berbagai kegiatan kantor, seperti acara kenegaraan/resmi, pertemuan resmi, kunjungan kerja, audiensi dan penerimaan tamu ataupun acara perjamuan, lokakarya, workshop, konferensi,  Memorandum of Understanding (MoU), dan seminar, dll. Dengan pemahaman yang baik dan benar tentang keprotokolan dan Pembawa Acara/MC, diharapkan Para Pimpinan maupun Para Staf akan mampu menjadi Eksekutor, Mediator, Koordinator, dan dapat bersikap sebagai manajer yang mengatur jalannya kegiatan yang diselenggarakan oleh Organisasinya secara tepat.

TUJUAN PELATIHAN 
Menjadi seorang Protokol profesional yang mampu mengelola dan mengatur Tata Tempat, Tata Penghormatan, Tata Upacara, dan mengelola Tamu VVIP , Tamu VIP, serta Tamu Undangan lainnya dalam kegiatan/Acara yang di adakan oleh organisasinya. Menjadi protokol yang mampu berhubungan dengan Pembawa Acara sehingga dapat mempersiapkan dengan baik keseluruhan acara.

Menguasai berbagai variasi teknik untuk mencairkan dan menghidupkan suasana- ICE BREAKING & ENERGIZER. Menjadi Protokol dan Pembawa Acara yang memiliki Kepribadian menarik, dan meyakinkan.

PESERTA PELATIHAN 
PELATIHAN INI SANGAT DIPERLUKAN OLEH:
Praktisi Humas/PR, Corporate Communications & Corporate Secretary, TU Pimpinan, Serta mereka yang berkaitan langsung dengan tugas keprotokolan dan Pembawa Acara/MC di Instansi/Perusahaan/Lembaga Dll.

MATERI PELATIHAN
Dasar-Dasar Keprotokolan (Asal Kata, Sejarah, Dasar Hukum, Pengertian, Hakekat, dan Prinsip Kerja) Ruang Lingkup Keprotokolan (Tata Tempat, Tata Penghormatan dan Tata Upacara)
Manajemen Keprotokolan (Perencanaan, Pelaksanaan, Pengawasan dan Evaluasi)
Simulasi Tata Tempat (Peserta Praktik Perorangan)
Tekin Public Speaking
Pede Berbicara Dihadapan Orang Banyak
Teknik Pembawa Acara/Master of Ceremony (Persamaan/ Perbedaan, Persyaratan, Tampilan, Komponen Penting Vocal, Teknik Pernafasan, Teknik Vocal, dan Demam Panggung)
Simulasi Pembawa Acara/Master of Ceremony (Peserta Praktik Perorangan)

TIM PEMATERI



1. Agus Purwanto

Sertifikat: TOT Keprotokolan Departemen Dalam Negeri Tahun 2005,
Pengajar Keprotokolan pada Kemeninfo RI Tahun 2011 s.d Sekarang
Pengajar Keprotokolan pada Bandiklat Kementerian ESDM RI Tahun 2011 s.d. Sekarang
Pengajar Keprotokolan pada Bandiklat Provinsi DKI Jakarta Tahun 2011 s.d Sekarang
Pengajar Keprotokolan pada Kemedikbud RI Tahun 2010 s.d. Sekarang
Pengajar Keprotokolan bagi Staf Tata Usaha Perguruan Tinggi se Indonesia Tahun 2007
Penyusun Buku Pedoman Keprotokolan Untuk salah satu Bank di Indonesia Tahun 2013
Pengajar Pembawa acara Resmi di Beberapa Instansi dan Perusahaan Skala Nasional

2. DYAH RAHMI ASTUTI


Dyah (Panggilan Akrabnya) adalah Dosen Ilmu Komunikasi di Universitas Islam Negeri Bandung, Memulai karier sebagai MC (Master Of Ceremony) pada acara Nasional sejak tahun 2002 sampai sekarang dan diantara acara yang pernah dibawakan yaitu acara Pengukuhan Dr.

HC Helmi Yahya Zaini (Mentri Pembanguanan Daerah Tertinggal RI), acara pengukuhan Dr. HC Ahmad Heryawan (Gubernur Jawa Barat). Sejak 2010-sampai sekarang menjadi pembicara pada acara workshop/Training Pembawa Acara/MC di berbagai Instansi Pemerintahan dan Perusahaan skala Nasional. Ia juga Aktif di asosiasi sebagai pengurus di Persatuan Hubungan Masyarakat (PERHUMAS) Bandung dan Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM) Jabar.

INVESTASI 
RP. 4.300.000,- /Peserta .
(Biaya diatas belum termasuk akomodasi dan penginapan)
FASILITAS Training Kits, Sertifikat, dan Coffee Break


JADWAL PELATIHAN

Pilihan 1
Hari - Tanggal : Kamis-Jumat, 14-15 November 2024
Jam : 09:00 - 16:00
Tempat : Hotel Aston Tropicana, Jl. Cihampelas No.125 - 127, Kota Bandung

Pilihan 2
Hari - Tanggal : Jumat-Sabtu, 29-30 November 2024
Jam : 09:00 - 16:00
Tempat : Hotel Aston Tropicana, Jl. Cihampelas No.125 - 127, Kota Bandung

Info & Pendaftaran
Telp/SMS/WA
081 23450 2709


Punya KODE PROMO untuk gratis Penginapan?

ATAU



Pelatihan ini juga bisa di adakan secara online dengan kapasitas peserta maksimal 500 orang.



Learn more
 

Contact Us


Hubungi Kami.

PT CITRA MULTISOLUSI INDONESIA
Jl. Rd. Hasantapura
Jl. Babakan Teureup No.7, Pasirjati, Kec. Ujung Berung –
Kota Bandung, Jawa Barat 40616
081234502709
(022) 791 0034
ptcitramultisolusi@gmail.com