Arsip mempunyai peran penting dalam eksistensi organisasi-organisasi pemerintah dan swasta. Manfaat informasi yang terkandung dalam arsip, antara lain dapat dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan, alat bukti apabila terjadi masalah, alat pertanggung jawaban manajemen, dan bahan transparansi birokrasi. Agar arsip tersebut bernilai dan tidak menimbulkan masalah bagi organisasi ia harus dikelola sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku.
Dahulu Sistem kearsipan menggunakan cara manual yaitu menyimpan di filling cabinet dan mencatatnya ke buku, sehingga membutuhkan ruangan yang luas serta waktu pencarian dokumen lebih lama apabila dibutuhkan. Seiring berjalannya waktu dengan adanya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), maka sistem kearsipan dapat dirancang berbasis komputer atau file. Sistem ini memiliki kelebihan dalam rancangan yang lebih sederhana dan tidak membutuhkan waktu lama.
salah satu software yang menunjang alih media arsip adalah microsoft office access, karena merupakan program yang mendesain database. Softwere ini mudah ditemukan karena bagian dari Microsoft office dan mudah pula dalam penggunaannya dibandingkan dengan sofwere-softwere sejenis yang ada dipasaran.
TUJUAN PELATIHAN
- Memahami kaidah-kaidah yang berlaku dalam tata kelola kearsipan.
- Dapat menggunakan microsoft office access secara efektif dan efisien untuk kebutuhan kearsipan di lingkungan Instansi /Perusahaan/Lembaga.
- Aspek legal arsip elektronik
- Pengelolaan arsip berbasis TIK
- Identifikasi kebutuhan database
- Buku Agenda
- Kartu Kendali
- Buku Ekspedisi
- Kartu Pinjam Arsip
- Membuat Home
Pelatihan ini dapat di selenggarakan dengan sistem kelas khusus / in-house training, Yang mana jadwal dan tempat pelatihan dapat di sesuaikan dengan kebutuhan peserta.
Rp. 4.700.000,- / Peserta. (Belum Termasuk Akomodasi dan Panginapan)