Gambar tema oleh MichaelJay. Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Blog Ini

Pelatihan Cyber Journalism

 Pelatihan Cyber Journalism Bagi Praktisi Humas Instansi/perusahaan/lembaga "Dunia telah memasuki era transformasi digital yang begitu ...

Pelatihan Manajemen Arsip Elektronik Berbasis Microsoft Access

 


Arsip mempunyai peran penting dalam eksistensi organisasi-organisasi pemerintah dan swasta. Manfaat informasi yang terkandung dalam arsip, antara lain dapat dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan, alat bukti apabila terjadi masalah, alat pertanggung jawaban manajemen, dan bahan transparansi birokrasi. Agar arsip tersebut bernilai dan tidak menimbulkan masalah bagi organisasi ia harus dikelola sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku. 

Dahulu Sistem kearsipan menggunakan cara manual yaitu menyimpan di filling cabinet dan mencatatnya ke buku, sehingga membutuhkan ruangan yang luas serta waktu pencarian dokumen lebih lama apabila dibutuhkan. Seiring berjalannya waktu dengan adanya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), maka sistem kearsipan dapat dirancang berbasis komputer atau file. Sistem ini memiliki kelebihan dalam rancangan yang lebih sederhana dan tidak membutuhkan waktu lama.

salah satu software yang menunjang  alih media arsip adalah microsoft office access, karena merupakan program yang mendesain database. Softwere ini mudah ditemukan karena bagian dari Microsoft office dan mudah  pula dalam penggunaannya dibandingkan dengan sofwere-softwere sejenis yang ada dipasaran.


TUJUAN PELATIHAN

  • Memahami kaidah-kaidah yang berlaku dalam tata kelola kearsipan.
  • Dapat menggunakan microsoft office access secara efektif dan efisien untuk kebutuhan kearsipan di lingkungan Instansi /Perusahaan/Lembaga.

MATERI PELATIHAN

  • Aspek legal arsip elektronik
  • Pengelolaan arsip berbasis TIK
  • Identifikasi kebutuhan database
  • Buku Agenda
  • Kartu Kendali
  • Buku Ekspedisi
  • Kartu Pinjam Arsip
  • Membuat Home

PEMATERI

Agung Kuswantoro, berprofesi sebagai Dosen di UNNES dan mengapu Mata Kuliah Manajemen Kearsipan, Aplikasi Komputer Administrasi Perkantoran,   dan   Teknologi Informasi dan Komunikasi.  Ia memiliki  enam hak cipta yang terdaftar di KEMENKUMHAM,  salah satunya adalah e arsip untuk pembelajaran. 

Selain kesibukannya menjadi seorang dosen, Ia aktif menulis buku, tentang kearsipan, diantara hasil karyanya adalah: 

Manajemen Kersipan (UNNES Semarang, 2011); Manajemen Arsip Elektronik (E   Arsip):   Konsep dan aplikasi dengan Microsoft Access (Fastindo Semarang, 2013);  Model Elektronik Arsip (e   Arsip) untuk Pembelajaran (Fastindo Semarang, 201 4);  Agung Bercerita Arsip: Praktik-praktik   Manajemen Kearsipan (Salemba Jakarta, 2015), Praktik-praktik Kearsipan di Sebuah Lembaga (2020): (Salemba  Jakarta, 2020), dan Pada Tahun 2017 Ia telah membuat softwere   Manajemen Kearsipan Elektronik Arsip.
 Ia juga aktif   mengisi   seminar,   pelatihan,   dan   workshop tentang  kearsipan  yang  di  adakan  oleh  Instansi,  Perusahaan,  dan Lembaga Pendidikan.

JADWAL PELATIHAN
Pelatihan ini dapat di selenggarakan dengan sistem kelas khusus / in-house training, Yang mana jadwal dan tempat pelatihan dapat di sesuaikan dengan kebutuhan peserta.


INVESTASI
Rp. 4.700.000,- / Peserta. (Belum Termasuk Akomodasi dan Panginapan)


INFORMASI LENGKAP & PENDAFTARAN

TELP/WA 0812 3450 2709

Contact Us


Hubungi Kami.

PT CITRA MULTISOLUSI INDONESIA
Jl. Rd. Hasantapura
Jl. Babakan Teureup No.7, Pasirjati, Kec. Ujung Berung –
Kota Bandung, Jawa Barat 40616
081234502709
(022) 791 0034
ptcitramultisolusi@gmail.com