Data & arsip Merupakan Aset yang Sangat Penting bagi lembaga instansi maupun Perusahaan, Tanpa akses ke data, sebuah lembaga tidak dapat memberikan tingkat layanan yang optimal kepada publik, baik itu pelayanan publik yang buruk, kerugian penjualan, atau masalah kolaborasi tim yang tidak sinkron adalah contoh yang dapat terjadi jika informasi data tidak tersedia dengan cepat.
Tanpa manejemen data yang baik, pegawai di sebuah kantor akan sangat kesulitan ketika mencari data yang di perlukan, perlu beberapa menit bahkan bebrapa jam untuk menemukan data yang di inginkan.
Hal tersebut terjadi karena penataan dan penyimpanan data tidak efesien dan tidak pada satu tempat / server.
Para pegawai harus menyiapkan sebuah flashdisk untuk memindahkan data dari komputer 1 ke komputer yang lain.
Tentunya hal tersebut sangat menyita waktu dan sangat merepotkan para pegawai, terlebih jika data yang di perlukan beraeda di lokasi yang cukup jauh dari ruangan kerja mereka.
Dan dapat di pastikan hasil kerja para pegawai akan sangat lambat dan tidak akan memuaskan.
Salah satu solusi yang bisa di gunakan oleh perusaan ataupun instansi pemerintah adalah dengan membangun dan mengelola pusat data / data center dengan profesional.
Data center adalah pusat data yang di buat untuk tujuan penyimpanan seluruh data internal di sebuah server, data tersebut dapat berupa file-file dokumen, gambar, video dan juga beberapa file yang di dukung oleh system operasi seperti windows, linux Dll.
Data center di ciptakan sebagai bank data yang bisa di akses oleh seluruh pegawai di sebuah kantor, lembaga instansi ataupun perusaan.
Setiap pegawai dapat dengan mudah mengakses data di server tersebut dengan menggunakan device seperti komputer, laptop bahkan smartphone sekalipun.
Dengan akses yang cepat terhadap data yang di butuhkan, tentunya akan memberikan konstribusi yang baik terhadap kualitas dan kecepatan dari pekerjaan para pegawai.
Bahkan seorang pegawai dapat mengakses data pada server pada saat mereka di luar kantor, misalkan sedang melakukan study banding atau training di luar kota, para pegawai dapat melakukan output dan input data terhadap server dengan menggunakan jaringan internet.
Sebuah server tentunya akan di lengkapi dengan system keamanan untuk mencegah kebocoran data.
Tidak semua orang bahkan tidak semua pegawai dapat memiliki akses terhadap server tersebut, hanya pegawai yang diberikan wewenang yang bisa mengakses server tersebut, pegawai yang di beri wewenang akan diberikan 1 User ID dan 1 Password. dan seleuruh pegawai akan memiliki User ID dan Pasword yang berbeda satu dengan yang lainnya.
Salah satu aplikasi sistem yang cukup mudah di gunakan adalah Rockstor.
Umumnya data center NAS (Network Attached Storage) menggunakan NAS Server, namun karena satu dan lain hal NAS Server dapat dibangun sendiri menggunakan PC sebgai alternative.
Rockstor adalah salah satu yang terbaik, Rockstor adalah solusi penyimpanan jaringan (NAS) berbasis Linux / BTRFS dan solusi cloud pribadi. Menggunakan sistem operasi Linux CentOS, Rockstor mendukung fitur NAS canggih yang ditenagai oleh BTRFS dan teknologi Linux lainnya,
Sistem ini dapat di akses oleh device dan operating system apapun, dan juga dapat di akses kapanpun, dan dimanapun.
Keuntungan Menggunakan Rockstor.
Mudah Di Instalasi, Bisa di instalasi oleh orang yang tidak pakar IT sekalipun.
Open Source / Gratis, Tanpa Perlu Bajakan.
Low Cost ,Tapi High Features.
System Stabil, Memiliki performa yang tinggi.
Mendukung WEB UI.
Dapat Di Akses dimanapun, kapanpun dan dengan device apapun.
User Friendly, Mudah di gunakan, bahkan untuk orang yang gaptek sekalipun.
Apakah pelatihan ini akan tercapai dalam waktu singkat?
Jawabannya ya, karena pelatihan ini menggunakan metode yang fokus pada praktek serta di bimbing oleh pemateri yang pakar di bidangnya, Sehingga di harapkan tujuan pelatihan ini bisa tercapai dengan baik.
Tujuan Pelatihan
- Peserta memahami konsep dokumen dalam definisi file record dan archive serta tinjauan umum, regulasi, aspek-aspek pengelolaannya, pengembalian dan penyusutan umur dokumen sampai dengan proses pemusnahan dokumen.
- Peserta memahami prinsip dasar pusat data / Database Centre.
- Peserta memahami cara kerja sebuah server.
- Peserta mampu membangun pusat data secara independent.
- Peserta memahami NAS. (Network Attached Storage).
- Peserta menguasai pra-Instalasi Rockstor.
- Peserta menguasai instalasi Rockstor.
- Peserta menguasai konfigurasi Rockstor.
- Peserta mampu mengelola Rockstor, termasuk mengelola account manajemen dan proses sharing data.
- Peserta mampu mengatasi trial error.
- Peserta mampu mengatasi masalah yang kemungkinan terjadi dimasa yang akan datang
Peserta Yang Di Sarankan.
Pelatihan ini terbuka untuk umum, lebih khsusunya, para pengelola arsip, staf IT, bagian penyedia informasi, bagian tata usaha, sekretaris di lingkungan perusahaan maupun instansi pemerintah.
Pelatihan ini terbuka untuk umum, lebih khsusunya, para pengelola arsip, staf IT, bagian penyedia informasi, bagian tata usaha, sekretaris di lingkungan perusahaan maupun instansi pemerintah.
Sistem Pelatihan
Pelatihan ini menggunakan motede 25% teori dan 75% praktek
Pelatihan ini menggunakan motede 25% teori dan 75% praktek
Hari Pertama - Sesi I = Teori dan Konsultasi
Hari Pertama - Sesi II = Problem Solutions - Praktek
Hari Ke Dua - Sesi I = Praktek Instalasi
Hari Ke Dua - Sesi II = Praktek majemen data, Sharing Data & Evaluasi
JADWAL PELATIHAN
Pelatihan ini dapat di selenggarakan dengan sistem kelas khusus / in-house training, Yang mana jadwal dan tempat pelatihan dapat di sesuaikan dengan kebutuhan peserta.
JADWAL PELATIHAN
Pelatihan ini dapat di selenggarakan dengan sistem kelas khusus / in-house training, Yang mana jadwal dan tempat pelatihan dapat di sesuaikan dengan kebutuhan peserta.
Investasi
Biaya untuk mengikuti pelatihan = Rp.4.900.000/Peserta
Biaya untuk mengikuti pelatihan = Rp.4.900.000/Peserta
Investasi sudah termasuk fasilitas modul, Softcopy Materi, Aplikasi Pendukung, Foto Dokumentasi, sertifikat, 2x coffee break dan makan siang.
Biaya belum termasuk biaya akomodasi & penginapan
Cara PendaftaranTelp/WA 081 2345 02709
Pelatihan ini juga bisa di adakan secara online dengan kapasitas peserta maksimal 500 orang.