Pelatihan Humas Online Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0
Cyber PR adalah kegiatan Public Relations / kehumasan yang dilakukan
dengan sarana media elektronik internet yang bertujuan untuk membangun
merk (brand) dan senantiasa memelihara kepercayaan (trust), pemahaman,
citra perusahaan atau organisasi kepada khalayak dan tentunya dapat
dilakukan secara one to one communication yang bersifat interaktif.
Cyber Public Relations disebut juga Humas Daring, Humas Digital, Digital PR, ePR
(electonic Public Relations).
Yang seluruh kegiatan kehumasan dapat dilakukan didalam internet dari mulai
melakukan kegiatan publikasi sampai melakukan Customer Relations Management.
Dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 seperti saat ini, Digital PR merupakan
“konsep baru” kehumasan, seiring perkembangan teknologi komunikasi dan informasi
yang membentuk “masyarakat digital”.
Era digital saat ini menuntut praktisi humas (PR Officer) yang bukan saja memiliki
wawasan dan keterampilan dasar kehumasan, tapi juga yang bisa mengikuti ritme
perkembangan teknologi informasi, termasuk menguasai tip dan trik blogging, media
sosial, dan menulis online (online writing).
Hanya dengan sentuhan jari, warga dunia kini mampu mencari dan menemukan yang
mereka inginkan dan butuhkan. Hanya dengan sentuhan jari pula, praktisi humas bisa
menjalankan tugasnya –membangun citra positif lembaga dengan menjangkau
seluruh dunia selama 24 jam!
Dengan kata lain, Cyber PR adalah penerapan dari perangkat ICT (Information and
Communication Technologies) untuk keperluan Public Relations dalam membangun
merek (brand) organisasi kepada publik atau khalayak dan dapat dilakukan secara
one-to–one relations yang bersifat interaktif.
KELEBIHAN CYBER PR
1. Real time
Aktivitas komunikasi bisa dilakukan dengan cepat
2. Komunikasi konstan
Cyber Public Relations menggunakan internet dan internet dapat diibaratkan sebagai sekretaris yang tidak pernah tidur selama 24 jam dan dengan potensi target publik seluruh dunia.
3. Interaktif
Penggunaan Cyber Public Relations memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah, karena publik bisa memberikan feedback secara langsung dan cepat.
4. No boundaries
Tidak akan ada batasan komunikasi dalam Cyber Public Relations, sehingga bisa terhubung ke mana saja selama ada jaringan internet.
5. Multimedia.
Cyber Public Relations dapat menyajikan informasi kepada publik dengan menggabungkan berbagai media seperti tulisan (script), gambar (grafis), dan suara (audio), bahkan audio‐visual (film, video) dalam satu kesatuan.
6. Ekonomis.
Komunikasi menggunakan internet untuk menjangkau publik yang luas lebih murah daripada media konvensional.
7. Reach: jangkaunnya lebih jauh, karena dengan internet humas dapat bekerja dan menyampaikana pesan dari mana saja, tanpa ada batas ruang dan waktu
8. Speed (Kecepatan) : kecepatan pesan maupun informasi lebih cepat di sampaikan kepada publik.
TUJUAN PELATIHAN
Setelah mengikuti pelatihan ini peserta di harapkan dapat memiliki keahlian:
- Menguasai blogging sebagai basis keterampilan digital PR
- Mampu memanjemen sosial media untuk kepentingan instansi/perusahaan
- Mahir online writing untuk website dan media sosial
- Menguasai konsep surat berita elektronik (e-newsletter)
- Menguasai konsep media monitoring era digital.
- Mampu memaksimalkan fasilitas google dalam tugas-tugas kehumasan era digital
- Mampu menguasai rilis online dan membangun networking secara online.
PESERTA PELATIHAN
Pelatihan ini terbuka untuk umum dengan latar belakang disiplin ilmu dan profesi.
Lebih Khususnya: Praktisi Humas/PR Instansi/Perusahaan/Lembaga.
KISI-KISI MATERI
- Kode Etik Cyber PR, (Dasar-dasar, Etika Cyber PR, Implementasi Profesional).
- Konsep revolusi industri 4.0, (Mengenal teknologi otomatisasi dengan teknologi cyber).
- Konsep Online advertis, (Memahami Iklan Online Dan Distribusi Konten / Viral Konten).
- Corporate Blogging, (Membuat/Mengelola Blog Instansi/Perusahaan).
- Online Writing, (menulis khas media online).
- Social Media Strategy, (strategi mengelola media sosial).
- Search Engine Optimization, (SEO) atau Pengoptimalan Mesin Pencari.
- Social Media Monitoring, (pengawasan media sosial).
PEMATERI
Nama : ASM. Romli
- Profesi : Praktisi Media, Trainer Komunikasi, dan Dosen PENGALAMAN MEDIA
- Eramuslim.com (Konsultan Jurnalistik, 2001- 2006)
- Tabloid MQ (Pemred, 2003) – Majalah Kandidat Jakarta (Managing Editor, 2003-2004)
- Majalah SSW Sespim Polri (Wakil Pemred 2011) – DDHK News
- www.ddhongkong.org (Chief Editor, 2010- sekarang) Dll KARYA TULIS/BUKU – Panduan Menjadi Penulis (Baticpress Bandung 2002);
- Jurnalistik Terapan (Baticpress Bandung 2004); – Lincah Menulis Pandai Bicara (Nuansa Bandung 2005);
- Kamus Jurnalistik (Simbiosa Bandung 2008);
- Bahasa Media: Panduan Praktis Bahasa Jurnalistik (Baticpress Bandung 2009); – Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online (Nuansa Cendikia, Bandung 2012) “Penulis Buku Jurnalistik Online Pertama di Indonesia”; –
- Blogpreneur: Panduan Bisnis Online bagi Pemula (Nuansa Cendikia, Bandung, 2017);
JADWAL PELATIHAN
Pelatihan ini dapat di selenggarakan dengan sistem kelas khusus / in-house training, Yang mana jadwal dan tempat pelatihan dapat di sesuaikan dengan kebutuhan peserta.
INVESTASI
Rp. 4.500.000/Peserta
Investasi Belum termasuk biaya akomodasi dan Penginapan
FASILITAS
Trainig Kit, Sertifikat, Modul/ Materi Bacaan Relevan, Training Dokumentasi, Sertifikat, Coffee Break, Lunch.
PENDAFTARAN
Mobile / WA 081 2345 02709
Telp / Fax (022) 791 0034
ptcitramultisolusi@gmail.com
Pelatihan ini juga bisa di adakan secara online dengan kapasitas peserta maksimal 500 orang.